News Update :
Home » , , » One Direction membuat fans K-pop menjadi kesal ?

One Direction membuat fans K-pop menjadi kesal ?

Penulis : Unknown on Sunday, July 28, 2013 | Sunday, July 28, 2013




Boyband asal Amerika, One Direction (1D) kini mengambil perhatian fans Kpop karena lagu dan MV terbaru, mungkin kalian pernah mendengar tentang itu? Kalau kalian seorang penggemar K-pop yang aktif di media sosial kalian pasti tentang mendengar tentang mereka. 

Beberapa penggemar Kpop bahkan ada yang menjadi hatters di fandom mereka, Directioners.  Jika 1D adalah superstar para remaja,, maka K-pop  telah mencapai jangkauan global, namun penggemar dari kedua kubu telah mengalami sejumlah perdebatan. 

Hal ini tidak mengherankan mengingat kedua fandoms terbagi dari kalangan usia yang hampir sama, tapi sayangnya sekarang kita bukan melihat sebuah kesamaan, karena kedua kubu dari masing-masing penggemar telah membuat sebuah titik persaingan sebagai gantinya.

Kalian mungkin ingat tahun lalu Big Bang menang di "Best Fan di kategori MTV TRL Awards, kategori di mana mereka bersaing dengan 1D. Ini mengejutkan bagi penggemar musik pop Barat di seluruh dunia karena banyak yang masih banyak yang belum pernah mendengar tentang K-pop, penggemar 1D khususnya memiliki fandom yang sangat sebesar dan didedikasikan yang cukup tinggi. Meskipun itu telah berlalu tapi lagu mereka "Best Ever Song" kini telah mengganggu diantara dua fandoms, dan menyalakan kembali konflik antara fans K-pop dan Directioners.

 



Pada dasarnya, apa yang telah terjadi di sini adalah hanya karena sebuah "lelucon" kecil. Dalam upaya untuk menunjukan kalau mereka berbeda dari boy band lain, 1D  menggunakan foto idol grup BAP sebagai perumpamaan sebuah grup kecil (grup yang bukan style mereka). Karena itu fans K-pop menjadi kesal. Mereka protes dalam bentuk tweet dan meng-unfollow twitter 1D, ada juga fans yang membuat posting Tumblr yang memperlihat photoshopped member 1D, tidak ada keraguan bahwa " Best Ever Song" telah menggelisahkan sejumlah orang.

 Penggemar K-pop terkenal sangat membela "oppa," mereka, dan kini mereka telah melampaui jangkauan dari budaya Kpop dunia.




Konflik antara fans 1D dan penggemar K-pop pada dasarnya sama dengan perbedaan antara kelompok fandom pada grup K-pop yang lain, kita semua pada dasarnya berada dititik yang sama, yaitu menyukai sebuah boyband, dan kita terus berusaha untuk memperjuangkan dan mendapat pengakuan dari grup yang kita sukai.  Meskipun konflik dan perbedaan ditekankan antara Directioners dan K-Popper, tujuan mereka sebenarnya sama. Mereka adalah fans yang sama-sama merayakan ulang tahun grup kesukaan mereka, membuat posting Tumblr untuk berbagi momen khusus, dan mereka bahkan mempunyai cara untuk mengambil gambar para anggota ketika mereka berada di luar dan mengetahui kehidupan pribadi para member, seperti fans K-pop lainnya. 

Jadi ini sebenarnya adalah konflik lintas industri, fandom K-pop marah karena kurangnya pengakuan dari Directioners. Dan kini misalnya seorang penggemar 1D mendapat sebuah tanda tangan anggota member dan menulisnya di Tumblr, dengan satu foto, kalian dapat melihat para penggemar K-pop akan langsung membalas dengan puluhan foto-foto anggota grup kesukaan mereka. Ini mungkin tidak penting bagi sebagian orang, tapi ini akan menunjukan kerentanan K-pop dalam menghadapi persiangan di industri musik internasional. 

Mari kita bersikap jujur:  PSY telah datang, K-pop sebelumnya sudah menjadi super, jadi kenapa kita harus mengolok-olok 1D. Sekarang pengakuan ini telah terjadi, dan grup seperti BAP telah mendapatkan popularitas yang cukup untuk diakui, jadi sepertinya mereka hanya membuat sedikit "humor". 

Memang, grup K-pop bukanlah "lelucon", mereka hanya berbeda dari grup Barat. Jadi, pertama, kita harus memisahkan antara gaya 1D dengan K-pop, karena atmosfer budaya yang berbeda dalam industri masing-masing.

Lihatlah "Gangnam Style" dan kita akan melihat setiap kali penyanyi K-pop atau kelompok lain akan diperhatikan oleh mata publik internasional. 



Dalam kasus 1D, mereka menggambarkan bahwa beberapa kelompok boyband barat sebagai "Bukanlah gaya mereka" tapi pertanyaannya, apakah 1D pikir mereka lebih baik dari kelompok-kelompok yang sudah sukses dan apakah mereka sudah populer secara internasional? Jadi mereka tidak ingin disamakan dengan  Backstreet Boys? 

Pernyataan bahwa 1D menggunakan foto itu sebagai sebuah bentuk "respect" terhadap band lainnya sepertinya tidak tepat, jika 1D  mengakui kesamaan yang mendasar tentang perbedaan grup di setiap  boy band, seharusnya hal ini bisa dihindari.

Menggunakan foto BAP mungkin bukan serangan, tapi itu terlihat mewakili bahwa mereka berpikir boy band K-pop bukanlah group yang diakui. Korea mungkin bukan tempat asal dari kelompok mereka, tetapi Kpop telah berhasil selama bertahun-tahun sebelum 1D. Kelompok seperti Shinhwa dan HOT telah melalui tahun-tahun mereka sebelum 1D.

Hal ini telah meningkat ke titik di mana fans sekarang berpartisipasi dalam kampanye yang menyatakan kebencian dan mereka bersikeras agar TS Entertainment menuntut 1D.  Namun tidak ada yang yang akan diperoleh jika bereaksi seperti itu selain merusak citra komunitas K-pop. 




Jadi jika kalian bertemu Directioner secara online atau dalam kehidupan nyata cobalah untuk membuang asumsi kalau mereka membenci BAP atau K-pop. Ada begitu banyak hal untuk mencintai tentang K-pop dan itulah sebabnya kita semua di sini.

Sesuatu sekecil satu foto dalam MV seharusnya tidak mengacak-acak fandom Kpop- setidaknya foto itu tampil hanya beberapa menit. K-pop memiliki sejarah yang luar biasa dalam membuat boy band dengan popularitasnya yang berlangsung selama bertahun-tahun, dan sesuatu seperti 1D - atau orang lain - seharusnya tidak dapat memecah belah hal itu.

(TS Entertainment, MTV, OneDirectionVEVO)
VIA: SEOULBEATS--INDOTRANS:@ELALOLIPOP
Share this article :

4 comments:

  1. Hi :) gue sebagai bagian dari directioners mau menjelaskan boleh ya :)
    First, i'd like to thank to the writer of this blogpost, makasih ya sudah bersikap dewasa dan tidak terbawa arus panas :)
    Terus gue mau jelasin, sebenernya 1D gaada niat menjelekan beberapa boyband yg mereka 'coba' style nya kok.. di MV Best Song Ever itu kan gak cuma ada boyband Kpop itu.. tapi ada juga banyak style boyband senior yg justru sebener nya mereka sering di jadiin panutan. Cuma maksud mereka di sini, mereka gak bisa di samain dengan boyband lain karena mereka punya style sendiri. Apa yg bagus di boyband lain belum tentu 'fit in' di mereka..
    Boyband Kpop itu pantes dan keren banget kok pake kostum itu dengan wajah oriental mereka. Tapi ketika di pake sama 1D itu jadi kocak dan agak menggelikan. Sama kayak ular di pakein kaki dan kambing di suruh merayap, aneh kan?
    Sementara di MV itu 'production house' pushing mereka untuk melakukan ini itu yg bukan mereka banget. Jadi pesan tersirat disini mereka cuma mau jadi diri mereka sendiri dan gak mau di paksa buat berubah, makanya upcoming film mereka judul nya 'This Is Us'. Yup this is them.. fun, creative, unpredictable, sensational. Mereka gak malu buat jadiin diri mereka sendiri bahan lawakan.. so, point of jokes in this MV is theirselves. Bukan boyband yg mereka pake style nya.
    So gausah berantem lagi yaa. take a cup of cool aid and a spoon of sense of humor, then pour it on your head, please.

    directioners<3xx

    ReplyDelete
    Replies
    1. P.s. makasih ya kalian udah penasaran sama MV BSE dan akhir nya nonton BSE<3 it help us a lot to increase our viewers numbers then we breake the vevo record<3 thank you sooo much :) dan maaf gue pake akun anon. Gue bukan pengecut, kalo seandai nya ada masalah muncul dari komen gue ini, gue berani kok tanggung jawab. Gue cuma gak mau di bilang cari fame :)
      Thanks.

      Delete
    2. ga usah ditulis kalo BSE break the vevo record juga kali gan or viewers'y jadi banyak dll.. yg kaya gitu mah ga perlu diomongin. kalo emang viewers jd banyak udhlah diem2 aja #sekedar ngingetin aja

      Delete
    3. Lho? I just said thanks :) seriusan loh ini bilang makasih nya. Kan beneran jadi bantuin directioners. Well yea i take it as "you're welcome" :)

      Delete

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2014. ASIANFANSCLUB . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger